Tugas 7 Rekayasa Kebutuhan: Pembuatan Spesifikasi

Nama: Farhan Arifandi
NRP: 05111940000061
Kelas: RK B

 

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan hasil pengerjaan saya untuk tugas 7 Rekayasa Kebutuhan yaitu pembuatan spesifikasi. Saya menggunakan situs penjualan daring Hanaka Classic (hanakaclassic.com) milik toko Hanaka & Co. yang berlokasi di Bali untuk diangkat dalam studi kasus kali ini. Berikut adalah dokumen SKPL dari situs Hanaka Classic.



Deskripsi Aplikasi

Sistem Informasi Hanaka Classic adalah suatu sistem informasi manajemen berbasis web yang digunakan oleh Toko Hanaka dalam menangani penjualan secara online. Sistem informasi ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan layanan: pertama bagi para staf Hanaka untuk mempermudah pekerjaan mereka dalam mengolah dan mengelola data para pelanggan, produk, transaksi; kedua bagi para pelanggan untuk dapat memesan produk Hanaka secara online.

Pelanggan dapat mendaftarkan diri dengan membuat akun, selanjutnya sistem akan mengirimkan e-mail konfirmasi ke pelanggan. Kemudian pelanggan dapat login ke sistem setelah terkonfirmasi. Pelanggan dapat melihat produk yang dijual oleh Hanaka berdasarkan kategori produk. Produk tersebut dapat dipesan oleh pelanggan dengan memasukkan produk dan jumlahnya ke dalam keranjang belanja, yang kemudian jika pelanggan memilih menu checkout pada keranjang belanjanya, maka pelanggan akan dialihkan untuk mengisi detail pemesanan dan pembayaran. Pemesanan dan pembayaran tersebut akan diverifikasi oleh administrator atau layanan pembayaran. Selanjutnya pelanggan dapat melihat status pemesanannya melalui sistem, dan mencetak invoice/faktur pemesanannya bila diperlukan.

Administrator sistem dapat mengelola akun pelanggan dan membuat akunnya sendiri melalui sistem. Selain itu, administrator sistem juga dapat mengelola produk dan pemesanan. Dalam pengelolaan produk, administrator sistem dapat memasukkan data produk baru ke dalam sistem dan memperbarui atau mengubah data produk yang sudah ada. Pengelolaan pemesanan meliputi pembaruan status pemesanan pelanggan apabila pelanggan telah melakukan pembayaran atau membatalkan pemesanan. Namun sebelum status pemesanan dapat diubah, pembayaran terlebih dahulu diverifikasi oleh administrator atau layanan pembayaran.


Spesifikasi Kebutuhan

  • Kebutuhan fungsional

  1. (SKPL-F001) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk melihat riwayat pembelian yang sudah pernah dilakukan
  2. (SKPL-F002) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk memberikan ulasan terhadap produk yang dibeli
  3. (SKPL-F003) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk melacak informasi pengiriman pesanan yang dilakukan
  4. (SKPL-F004) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk melihat detail informasi barang
  5. (SKPL-F005) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk mencari barang secara spesifik barang yang diinginkan
  6. (SKPL-F006) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk menambah barang yang ingin dibeli ke keranjang belanja
  7. (SKPL-F007) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk menambah barang ke daftar wishlist barang
  8. (SKPL-F008) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk melakukan transaksi pembelian barang
  9. (SKPL-F009) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk melakukan transaksi pembelian terhadap barang yang ada di keranjang
  10. (SKPL-F010) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk melihat atau memperbarui jumlah barang yang terdapat di keranjang
  11. (SKPL-F011) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk mengisi form pembayaran atas pembelian barang yang telah dilakukan
  12. (SKPL-F012) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk mengisi form pembayaran atas pembelian barang yang telah dilakukan via transfer ATM
  13. (SKPL-F013) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk mengisi form pembayaran atas pembelian barang yang telah dilakukan via transfer virtual account
  14. (SKPL-F014) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk melihat invoice dari hasil checkout yang telah dilakukan
  15. (SKPL-F015) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk membatalkan checkout dari barang-barang yang ada di keranjang
  16. (SKPL-F016) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk mendaftarkan akun untuk melakukan transaksi
  17. (SKPL-F017) Sistem menyediakan fitur bagi pembeli untuk mengunggah bukti transfer via ATM
  18. (SKPL-F018) Sistem menyediakan fitur bagi layanan pembayaran untuk menyediakan virtual account untuk setiap transaksi
  19. (SKPL-F019) Sistem menyediakan fitur bagi layanan pembayaran untuk memverifikasi pembayaran via virtual account
  20. (SKPL-F020) Sistem menyediakan fitur bagi administrator untuk memverifikasi bukti transfer via ATM
  21. (SKPL-F021) Sistem menyediakan fitur bagi administrator untuk menambah barang baru ke katalog penjualan

  • Kebutuhan nonfungsional

  1. Availability

    Situs web bisa berjalan 24/7 dengan uptime minimal 99.9% (downtime maksimal 8.77 jam/tahun) dan dapat melayani 100-200 pembeli dalam satu waktu.

  2. Reliability

    Situs web dapat melakukan pencadangan data secara otomatis dan dapat dipulihkan dalam waktu sesingkat mungkin bila terjadi gangguan yang tidak disengaja seperti akibat dari bencana alam atau gangguan aliran listrik.

  3. Ergonomy

    Situs web mempunyai desain yang menarik dan dibuat semudah mungkin untuk digunakan, sehingga mempermudah pembeli dalam bertransaksi.

  4. Portability

    Situs web harus dapat diakses dari berbagai jenis perangkat seperti desktop/laptop PC maupun mobile phone, dan dapat diakses dari seluruh sistem operasi.

  5. Memory

    Membutuhkan memori penyimpanan setidaknya 256 GB untuk menampung data dalam jumlah banyak, dan perlu dilakukan pencadangan dan pembersihan database secara rutin agar penggunaan memori penyimpanan lebih efisien.

  6. Response Time

    Situs web dapat merespon permintaan pengguna paling lama 5 detik.

  7. Security

    Situs web dapat mengenkripsi data yang tersimpan terutama data sensitif seperti data pembeli, memiliki perlindungan terhadap virus, ransomware, dan sejenisnya, autentikasi hak akses pengguna berdasarkan peran akun pengguna, dan menggunakan captcha untuk melindungi situs web dari DDoS.

  8. Localization

    Menggunakan bahasa Indonesia karena pengguna merupakan kewarganegaraan Indonesia, dan bahasa Inggris untuk memperluas pangsa pasar karena Bali merupakan salah satu tujuan pariwisata utama.


Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 Pemrograman Web: Web Warung Tegal dengan HTML5 dan CSS

Evaluasi Tengah Semester Rekayasa Kebutuhan

Evaluasi Akhir Semester Pemrograman Web